Hikmah di Balik Kesulitan Hidup

Hikmah di Balik Kesulitan Hidup

"Dibalik kesulitan hidup yang terdalam, akan datang anugerah yang besar", "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian"

Kedua kata-kata diatas berusaha membuat kita semangat  untuk menjalani hidup. Memang benar jika dari kecil hingga dewasa banyak masalah dan derita yang telah kita lalui. Dari dimarahi guru karena lupa mengerjakan PR, takut tidak naik kelas, takut tidak lulus dan seterusnya.

Tapi semua itu jangan sampai membuat kita lemah dan menyerah. Karena di dalam kehidupan, kita tak bisa jauh dari penderitaan maupun kebalikannya yakni kebahagian. Untuk sebuah kesulitan hidup ada beberapa fakta yang perlu kita ketahui, yakni sebagai berikut: 

1. Semua mengalami kesulitan

Dalam kehidupan ini, setiap orang pasti mengalami masa sulitnya, baik dalam keuangan, asmara, karir, kesehatan maupun yang lainnya. Karena kita bukanlah orang yang pertama didunia ini, pastinya sudah ada manusia yang mengalami berbagai kesulitan sebelum masa sekarang, dan mungkin kesulitan itu sama dengan kesulitan kita bahkan mungkin mereka sudah pernah menyelesaikannya

2. Akan selalu ada jalan keluar

Semua kesulitan pasti akan ada jalan keluarnya. Kita bisa mengambil pelajaran dari sebuah pohon, ketika pucuk pohon itu kita potong, beberapa hari setelahnya lihat apa yang terjadi?. Dahan-dahan baru pasti akan muncul/tumbuh di sela-sela potongan tadi dan dibagian yang lain.

Dari peristiwa itu kita bisa mempelajari, bahwa secara alami, segala sesutu mencari jalan untuk meneruskan hidupnya. Pohon saja bisa mencari jalan hidunya, dengan akal budinya pastilah manusia juga bisa melakukannya. Tetaplah berusaha dan jangan menyerah.

Baca Juga: Nelayan yang bijaksana

3. Hidup ini penuh Alternatif

Banyak dari kita menghindari derita/masalah dengan pengalihan untuk tidak menyelesaikannya. Karena kita takut untuk menderita, kita sering mengambil jalan pintas, menghindar, melupakan sesaat, atau mengambil keputusan saat putus asa.

Mengambil keputusan saat putus asa bukanlah cara pengambilan keputusan yang baik. Seperti saat kita merasa hidup kita begini-begini saja lalu kita bekerja kepada orang/menjadi babu di luar negeri, itu karena kita sudah tidak bisa berfikir lagi tentang menciptakan pekerjaan, itu bisa dibilang keputusan yang dibuat saat putus asa. Misalnya lagi adalah banyak orang yang mengakhiri hidupnya karena putus asa dengan permasalahannya.

Bisa kita katakan bahwa siapapun yang mengambil keputusan saat putus asa disebabkan karena mereka tidak memiliki alternatif cara lainnya. Atau mungkin tidak punya alternatif penyelesaian atas permasalahannya

Tapi kabar baiknya adalalah  "Hidup ini penuh Alternatif". Mungkin alternatif itu belum terlihat oleh kita, atau kita kurang memahaminya, atau mungkin karena kita kurang mempelajarinya. Sebenarnya "Alternatif adalah ide yang tubuh dari dalam diri kita, karena alam semesta ini akan senantiasa baik dan memberikan ide-ide bagi kita, serta menginginkan kita dapat hidup lebih bahagia" 

4. Menenangkan Pikiran

Alam semesta itu ingin membantu kita untuk melewati kesulitan hidup. Maka Tenangkanlah pikiran kita dengan beristirahat dan berlibur, mungkin alternatif hidup anda akan terungkap tanpa kita sadari.

Banyak manfaat saat berada pada kondisi tenang. Karena ide-ide cemerlang lahir saat kondisi kita tenang. Newton sedang beristirahat dibawah pohon apel saat ide Hukum Gavitasi muncul. Einstein sedang beristirahat sakit ketika munculnya ide Teori Relativitas. Dan Archimedes saat itu sedang mandi lalu berteriak Eureka karena muncul ide Hukum Fluida.

Dan selalu ingatlah, bahwa sebelum kita baca dan pelajari semua buku dan ilmu di muka bumi, alternatif lain senantiasa ada, walaupun belum nampak oleh Anda. 

5. Kegunaan penderitaan dan kesulitan

Setiap penderitaan dan kesulitan itu pasti ada gunanya. Tanpanya hidup didunia pastilah terasa hampa, karena kita akan merasa hidup begini-begini saja. Karena kesulitan ekonomi, kita ingin menjadi kaya. Atau karena penderitaan saat kita ditinggalkan oleh orang yang kita sayang, kita akan lebih menghargai hubungan dengan orang lain.

Segala penderitaan dan kesulitan yang kita alami berguna untuk membuka pikiran kita, bahwa ada sesuatu alternatif atau jalan yang belum pernah kita jalani sebelumnnya, belum pernah kita coba, untuk itu daripadanya harus kita coba!.

Baca Juga: Kehidupan Manusia Yang Membingungkan

Setelah memahami ke-5 fakta di atas, setiap kali menghadapi kesulitan, kita tidak perlu memikirkan kesulitan itu lagi. Kita hanya perlu mengetahui, bahwa "suatu kesulitan pasti akan berakhir, dan alternatif atau jalan hidup yang lebih baik sudah menunggu untuk kita jalani".

2 comments: