Nelayan Yang Bijaksana

Nelayan Yang Bijaksana

Halo sobat karya kisah, kali saya akan mengisahkan tentang seorang nelayan yang bijaksana. Kebijaksaannya terletak pada bagaimana mereka menyikapi pekerjaan mereka sebagai seorang nelayan dan juga belajar bersyukur dan menikmati hidup.

Alkisah, pada suatu hari yang cerah, ada seorang usahawan kaya raya dan sukses dari kota sedang berkunjung untuk refresing ke sebuah pemukiman nelayan di belantaran pinggiran pantai yang indah.

Saat sedang berkeliling, usahawan kaya raya itu terkejut ketika melihat ada seorang nelayan di pinggiran pantai sedang bermalas-malasan disamping perahunya, sambil menghisap sepuntung rokok lengkap dengan asap yang mengepul diatasnya. Lalu dia pun mendekati sang nelayan itu.

"Kenapa engkau tidak pergi untuk menangkap ikan saudaraku?", tanya usahawan kaya itu dengan penuh rasa heran.

"Tidak perlu saudaraku, karena ikan yang kutagkap hari ini sudah cukup menghasilkan uang untuk makan dan kebutuhan sehari-hari", jawab nelayan itu.

"Walaupun begitu, kenapa kau tidak tangkap ikan lebih banyak lagi?", sahut usahawan.

"Untuk apa?", balas nelayan itu.

"Dengan mendapatkan ikan yang lebih banyak bukannya kau juga mendapatkan uang lebih banyak lagi", jawabnya

"Dengan uang yang engkau punya itu, kau akan dapat membelikannya motor tempel, sehingga dapat melaut lebih jauh lagi, tentunya pula dapat menangkap ikan yang lebih banyak. Setelah itu, engkau akan mempunyai cukup banyak uang untuk membeli sebuah pukat nilon.

Dengan itu, akan membuatmu menghasilkan ikan lebih banyak lagi, tentunya juga uang lebih banyak lagi. Nah setelah itu.... segera uangmu akan cukup untuk membeli dua kapal, bahkan lebih. Lalu kau pun akan menjadi kaya raya sepertiku", lanjut usahawan itu.

"Selanjutnya setelah itu aku mesti berbuat apa?", tanya si nelayan.

"Selanjutnya kau bisa beristirahat dan menikmati hidup ini", kata si usahawan.

"Menurut pendapatmu, sekarang ini aku sedang berbuat apa saudaraku?", lanjut si nelayan itu dengan tersenyum. (Selesai)

Dikehidupan ini kita selalu berusaha untuk menjadi seseorang yang sukses dan berhasil. Namun terkadang kita sering lupa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah kita punya.

Baca Juga: Siapa pemenang kehidupan?

Harta, kemewahan, tahta adalah sesuatu yang indah untuk dimiliki. Namun yang lebih penting dari itu semua adalah bagaimana kita bisa menjadi lebih bijaksana dalam menikmati hidup ini dengan penuh rasa syukur kepada pemberian Tuhan.

Demikianlah cerita tentang seorang nelayan yang bijaksana dalam menikmati hidup, semoga bisa mengispirasi kita dan tentunya bisa diambil pelajarannya.

2 comments:

  1. :) kisahnya bagus, untuk menyadarkan betapa pentingnya menikmati hidup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hidup itu tidak hanya untuk mencari uang. menikmatinya itulah hal yang terpenting, terimaksih atas kunjungannya

      Delete