Kemuliaan Menjadi Seorang Guru

Kemuliaan Menjadi Seorang Guru

Selamat malam sahabat Karya Kisah, pada kesempatan ini saya akan menulis tentang Kemulian Menjadi Seorang Guru. Karena masih banyak dari kita kurang memahami makna kalimat ini, khususnya para Guru di Era Modern atau sekarang ini.

Guru adalah sesosok orang yang berperan penting dalam hidup kita. Karena merekalah kita bisa membaca, menulis dan berhitung di saat sekarang. Merekalah yang mengajari kita untuk menuntut ilmu dan mendidik kita untuk menjadi seorang yang lebih baik dimasa mendatang.

Sahabat Karya Kisah yang baik hatinya, tahukah guru kenapa disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa?, mereka mendapat pujian itu karena dengan menjadi seorang guru mereka tak mengharapkan pangkat berbintang seperti polisi ataupun tentara.

Merekalah yang sebenarnya lebih penting daripada seorang polisi atau tentara. Merekalah sekelompok orang yang sebenarnya sebagai dasar bangsa ini. Tahukah kita, bahwa kemajuan atau baik buruknya bangsa ditentukan oleh seorang Guru.

Gurulah yang membentuk karakter anak bangsa ini, jika gurunya baik maka bangsanya juga baik, tetapi jika sebaliknya, maka sebaliknya pula hasilnya.

Tapi apakah masih ada Guru yang masih pantas kita sebut sebagai seorang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa?. Mungkin ada dari kita pernah terbesit pertanyaan itu. Memang tidak bisa kita pungkiri, Guru dimasa sekarang adalah Guru sebagai Profesi bukan sebagai Pengabdi.

Apa maksudnya Guru sebagai Profesi dan Pengabdi?. Guru sebagai Profesi adalah seorang guru dimana ia menjadi guru dengan tujuan untuk sebuah profesi, hanya untuk mencari uang atau penghasilan.

Seperti yang kita lihat sekarang, masih banyak Guru hanya mengejar gaji, mereka berlomba-lomba mendapatkan jam yang banyak, demi agar gajinya bertambah banyak pula. Sekarang juga ada sertifikasi guru, dengan begitu gajinya guru juga akan bertambah.

Sedangkan Guru sebagai Pengabdi, adalah mereka memilih menjadi seorang Guru sebagai sebuah pengabdian mereka terhadap bangsa ini. Mencerdaskan generasi muda, generasai yang dimasa mendatang akan menjadi pondasi bagi bangsa ini, membawa arah juang dan hidupnya bangsa ini.

Jadi Gaji bukanlah tujuan utama mereka. Gaji hanya mereka anggap sebagai konsekuensi atas perjuangan mereka didunia pendidikan.

Jadi sebagai seorang Guru, sangat diperlukan untuk memantapkan hati untuk sebuah Pengabdian untuk menciptakan generasi yang lebih baik dimasa mendatang.

Lalu dimana letak Kemuliaan Menjadi Seorang Guru?. Kemuliannya adalah terletak pada rasa Pengabdian Guru untuk mengajar dan mendidik kita semua. Dengan keikhlasan hati untuk Ibadah kepada Tuhan dan untuk kebaikan Bangsa dan Dunia di masa sekarang dan mendatang.

Baca Juga: Kasih ibu tidak terbatas waktu dan sepanjang masa

Saya pernah ingat, ketika saya masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), ada sebagian Guru yang berangkat kesekolah dengan memakai sepeda ontel, bahkan terkadang beliau kehujanan demi untuk tidak mengecewakan kita yang sudah datang.

Murid atau Siswa

Dan juga, apakah sahabat Karya Kisah pernah melihat guru-guru di daerah yang terpencil?. Mereka mengajar hanya memakai tempat yang seadanya, tidak sedikit pula kita lihat sekolah-sekolah yang tidak layak tetapi masih digunakan sebagai tempat mengajar.

Bahkan seorang guru tak hanya mengajar disekolah, diluar sana masih ada saudara atau adik-adik kita yang belajar dipinggiran hutan dengan sarana yang sangat tidak memadai.

Apalagi Guru yang masih GTT, masih tidak tahu bagaimana nasib mereka dengan gaji yang sangat rendah bahkan ada yang tidak mampu mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari, tetapi dengan semangat mereka masih tetap mengajar kita. Dengan senyum dan keramahan mereka tanpa letih mengajar dan mendidik kita.

Tetapi janganlah kita memalingkan wajah kita pada hal ini. Memang itulah dunia pendidikan pada bangsa kita. Kita harus senantiasa berharap dan berdoa, dimasa mendatang sistem pendidikan di negara kita menjadi lebih baik lagi. Dengan pula memperhatikan kesejahteraan guru-guru kita didaerah diluar sana.

Baca Juga: Antara kuliah dan organisasi

Demikianlah pembahasan tentang Kemuliaan Menjadi Seorang Guru. Semoga postingan kali ini bisa memberi hikmah kepada kita semua.

Sumber gambar: www.flickr.com & justlittlehappiness.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment