Cara Menjadi Sahabat yang Baik dan Menyenangkan

Cara Menjadi Sahabat yang Baik dan Menyenangkan

Apa kabar sahabat Karya Kisah?. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Bagaimana Cara Menjadi Seorang Sahabat yang Baik dan juga Menyenangkan.

Di kehidupan sehari-hari tentunya kita selalu berinteraksi dengan orang lain, baik kepada orang tua, teman, dan sahabat-sahabat kita. Tetapi untuk menjalin sebuah hubungan yang erat, kita perlu memiliki sikap yang tepat.

Sahabat adalah teman yang begitu dekat dengan kita. Sahabat adalah teman yang sering berada di dekat kita, dan selalu memberi sesuatu yang penting bagi kita.

Adapun cara untuk menjadi sahabat dan juga teman yang baik dan menyenangkan, yaitu sebagai berikut ini:

1. Selalu ada saat teman dalam kesusahan

Sahabat tidak hanya menjadi sesosok teman yang selalu membantu kita, tetapi dia juga membantu saat kita mempunyai masalah atau kesusahan.

Sahabat yang baik selalu peduli dengan kita, dia selalu siap membantu apa saja yang dia bisa. Dia tak perlu berharap imbalan. dia hanya perlu membantu dan menyelesaikan masalah sahabat atau teman-temannya.

2. Bersedia mengorbankan Ego-nya

Seorang sahabat yang baik adalah seorang yang senantiasa mau mengorbankan egonya demi sahabat atau temannya. Dia selalu respek dengan apa yang di inginkan oleh sahabat atau temannya.

Dia percaya, apa yang dilakukannya untuk kepentingan sahabat dan temannya adalah begitu berarti bagi hidupnya. Karena sahabat atau teman adalah harta paling berharga di hidup ini.

3. Selalu membuat tersenyum dan menyesenangkan

Sahabat yang menyenangkan adalah sahabat yang saat kita didekatnya terasa nyaman dan tentram. Mereka selalu membuat kita tertawa dan gembira.

Dengan kelakuannya kita bisa melupakan masalah-masalah kita. Entah itu karena humor atau bercandaan atau dengan aktivitas yang lain. Atau dengan sesekali mentraktir makan mereka.

Sahabat sejati yang baik

4. Tidak mengukur semuanya dengan Uang

Untuk menjadi sahabat yang baik dan menyenangkan, kita harus melupakan pentingnya sebuah materi atau uang dalam hidup kita. Hubunganlah yang terpenting bagi kita.

Jika selalu perhitungan dengan uang, maka sahabat atau teman kita merasa risih pada kita. Jadi jangan memisahkan atau merenggangkan hubungan kita pada seseorang hanya dengan sebuah uang, benda tau dengan hal-hal yang menyangkut materi.

5. Menjadi pendengar yang baik

Mendengar adalah sebuah anugrah yang diberikan kepada kita, itu juga termasuk mendengar keluh kesah sahabat atau teman kita. Sebagai seorang sahabat, kita harus selalu ada saat teman kita ingin bicara.

Namun tak hanya mendengarkan saja, kita perlu juga berfikir tentang saran atau solusi saat sahabat atau teman kita sedih. Dan juga memberikan saran saat teman kita sedang dalam suasa senang, walaupun hanya nongkrong di tempat wifi sambil minum kopi.

6. Tidak pernah marah

Adakalanya kita merasa kesal dan marah kepada sahabat atau teman kita. Entah itu karena ucapannya atau karena bercadanya yang terlalu berlebihan.

Tetapi bagi seorang sahabat yang baik dan menyenangkan, mereka mampu meredam kemarahannya. Mereka tahu bahwa semua tak ada yang salah, mungkin kurangnya komunikasi yang baik saja.

Jika karena bercandaan yang kelewatan, mereka berfikir semua itu hanya sebatas bercandaan untuk membuat sahabat atau teman-teman kita tersenyum. Kita hanya perlu ikut tersenyum kecil pada mereka.

7. Selalu rendah hati

Rendah hati sangat diperlukan untuk memulai sebuah hubungan yang baik. Karena kesombongan pada diri kita tidak membuat orang lain senang atau nyaman. Memang ada sebuah rasa kebanggaan, tetapi itu hanya untuk diri sendiri, tidak untuk orang lain.

8. Memberi pengaruh positif pada kita

Tidak semua sahabat memberi kita pengaruh yang baik pada kita. Kadang mereka malah menjerumuskan kita ke lubang hitam yang kelam dan sesat.

Jadi untuk menjadi seorang sahabat yang baik, kita selalu memberi pengaruh yang baik bagi mereka. Baik sebuah saran yang membangun, yang memotivasi karier, atau  mendekatkan kita agar selalu dekat dengan Tuhan kita (Allah SWT).

Baca Juga: Diam itu emas dan bicara diwaktu yang tepat adalah berlian

Demikianlah beberapa cara untuk menjadi seorang sahabat yang baik dan juga menyenangkan. Mungkin masih ada banyak lagi yang lainnya, jadi sobat bisa menambahkannya dikolom komentar.

No comments:

Post a Comment