Arti Sebuah Kematian

Arti Sebuah Kematian

Kematian adalah hal yang paling ditakutkan oleh sebagian besar umat manusia. Kematian datang kepada siapa saja dari yang kaya sampai yang miskin, dari yang muda sampai yang tua, dan dari manusia biasa hingga para nabi.

Tapi banyak dari kita mengabaikannya, dan berfikir seakan kita hidup selamanya. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan mengulas Arti Sebuah Kematian bagi kita manusia.

Kematian dalam arti umum adalah suatu ketika saat nyawa/roh kita terlepas dari jasad kita. Dan saat itu pula kita akan melepas semua yang ada didunia ini baik itu harta, tahta, keluarga, dan semuanya.

Dan bila dari segi agama, kematian adalah awal dari kehidupan yang sebenarnya, kehidupan yang ditentukan oleh kehidupan sebelum mati. Karena pada hakekatnya hidup ini adalah ujian, semua ini hanyalah semu atau fana, dan suatu saat nanti semua akan binasa oleh kehendak Tuhan (Allah SWT).

Tapi tak semua orang bisa berfikir seperti itu, mereka hanya tahu untuk menikmati hidup sebelum kematian mereka, mereka tak percaya kehidupan yang selanjutnya. Bagi kamu yang seperti ini, sebaiknya percayalah.

Apakah kita tidak pernah berfikir "Jika dunia ini ada karena sebuah permulaan, pasti ada sebuah maksud ketika semua ini dibuat, dan tentunya ada sang pencipta yang tidak akan kita tahu keberadaannya karena keterbatasan kita sebagai makhluk yang diciptakan".

Dalam memahami arti sebuah kematian, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tetangnya, agar kita menjadi orang yang bijaksana dan beruntung, hal-hal itu adalah sebagai berikut:

1. Semua orang akan mengalami sebuah kematian, dan kematian akan datang secara tiba-tiba tanpa kita ketahui kapan hal itu terjadi pada kita. Jadi tanamlah hal ini didalam diri kita.

2. Hidup didunia ini adalah sebuah ujian, maka selesaikan ujian ini dengan sebaik-baiknya. Bagaimana caranya?, yaitu selalu berbuat baik kepada sesama dan orang-orang disekitar kita, serta selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta (Allah SWT).

3. Apapun yang kita punya didunia ini akan kita tinggalkan, harta, tahta, wanita serta keluarga, semuanya akan kita tinggalkan, hanya amal perbuatan kitalah yang mampu menolong kita dan menemani kita. Jadi jangan terlalu mengejar dunia.

Kematian manusia

4. Kematian bukanlah akhir dari hidup kita, percayalah bahwa ada kehidupan selanjutnya setelah kita mati. Dan kehidupan itu akan ditentukan dari kehidupan kita sekarang.

5. Kematian adalah hal yang sangat menyakitkan, Rosullulah pun mengatakan hal itu kepada kita para muslimin yang menjadi umatnya. Jadi jangan anggap kematian itu tidak merasakan apa-apa.

6. Jangan takut akan kematian, karena pedahulu kita dan anak cucu kita akan merasakan hal yang sama. Dan jasad kita adalah sebuah pion yang mati dan roh adalah pion yang hidup, jadi kematian adalah pelepasan pion yang mati dan kita masih hidup.

Baca Juga: Apakah Tuhan itu ada?

Demikianlah hal-hal yang perlu kita ketahui akan sebuah kematian, semoga dapat memberi hikmah pada kita semua. Aamin.

2 comments:

  1. Jadi kita sebetulnya tidak mati. Hanya raga atau pakaian kita saja yang mati. Jiwa akan hidup selamanya dan pakaian kita akan di ganti dengan yang baru oleh Tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana caranya kita menghargai hidup ini dengan menjadikannya berharga dan berarti bagi orang lain ^_^

      Delete