Motivasi Menghilangkan Kecanduan Game Online


Game Online - Sebagian besar bagi penghuni dunia cyber, dari usia dini hingga dewasa pastilah tidak asing dengan hal ini. Game Online adalah dunia yang mempunyai aturan beraneka ragam, mempunyai keistimewaan yang menarik diri kita untuk mencoba masuk kedalamnya.

Hal itulah yang saya alami di waktu silam. Tertarik memainkan game online, termasuk game di facebook. Begitu benyak waktu yang saya sia-siakan demi mengejar poin dalam meningkatkan level pada avatar saya. Hampir 4 bulan lamanya yang saya fikirkan disela-sela aktivitas saya adalah bagaiman saya meningkatkan level atau kekuatan pada avatar saya.

Namun setelah sekian lama saya hidup di dunia itu, kemudian saya sadar beberapa poin yang membuat saya meninggalkan dunia itu (dunia game online), yakni sebagai berikut:

1. Begitu banyak waktu yang saya sia-siakan, padahal hidup ini singkat maka lakukanlah sesuatu yang berguna bagi diri kita dan orang lain baik itu dimasa sekarang atau masa depan

2. Apa yang kita kejar di dunia game online baik itu level atau item, itu semua adalah hal yang tidak nyata, kekuatan dan apa yang kita dapat di game online adalah semu. kekuatan yang sebenarnya adalah di dunia nyata, bukan dunia virtual.

3. Hidup tidak sesederhana Game. Hidup itu lebih sulit dan Hidup adalah Game yang sebenarnya dari Tuhan. Maka bermain game di dalam game adalah sesuatu yang kurang berguna

4. Game yang baik adalah untuk menghibur diri dan menghilangkan stress dari masalah kita sehari-hari, semua itu membuat kita rileks dari penatnya hidup. TAPI Game yang diperlukan adalah cukup game yang sederhana, berbeda dengan Game Online yang menuntut kita berkompetisi dengan pemain lain, yang tentunya menyita banyak waktu bagi kita

5. Game untuk mencari uang. Memang bisa jadi kita mendapatkan uang dari bermain game online. Tapi apakah hal itu membuatmu lebih baik?. Bekerja di dunia nyata lebih baik, karena pekerjaan yang terbaik adalah bermanfaat bagi kita di dunia dan akhirat, bukan sebatas manfaat virtual yang semu.

6. Berapapun uang dan manfaat yang kamu dapat dari bermain game online, lama kelamaan akan mengganngu kesehatanmu, karna banyak dari mereka yang menghabiskan waktu di depan komputer mereka.

7. Bukankah lebih baik kamu mencari banyak teman didunia nyata daripada di game. Hidupmu itu berada disekitar keluarga dan teman-temanmu. Maka lakukanlah yang terbaik bagi mereka dengan waktumu yang sedikit.

8. Boleh jadi game Online itu baik menurutmu, jika itu hanya kau anggap sebatas game biasa, dan jangan sampai terbawa kompetisi dengan gamer online yang lain. Tetaplah mementingakan kesibukanmu didunia nyata. Demi masa depanmu, karirmu dan kebanggaan keluarga dan teman-temanmu terutama pada Orang Tua.

9. Game yang kita mainkan bukanlah milik kita, semua itu hanyalah bisnis/tambang mencari uang bagi para Game Master. Oleh karena itu, jangan berharap Game itu akan abadi/bisa kamu mainkan selamanya. Suatu saat lambat tapi pasti, Game itu akan di tutup dan apa yang kamu perjuangkan dan kamu dapat selama ini akan hilang dan musnah.

Baca Juga: Cara jitu menjadi orang sukses

Itulah sedikit poin yang saya dapat sampaikan dari pengalaman saya. Tetapi ini semua adalah argumen saya semata. Tentunya setiap orang mempunyai argumen sendiri-sendiri dari pengalamannya masing-masing. Semoga hal ini memberi hikmah yang positif bagi kita semua.

sumber gambar: www.wallpapershares.com

6 comments:

  1. Gw baca tiap hari tulisan ini..
    Godaan game jaman ini luar biasa gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, soalnya emang benar-benar ada interaktif antar user dari platform sosial media kita... kayak game moba yang mana kita bisa berkompetisi dengan temen2 fb kita, jadi ya godaannya berat, hehe

      Delete
  2. Mantap nih, saya sudah coba beberapa kali uninstall game, tapi ada saat keinginan yang tidak bisa dibendung, akhirnya kembali main game, tapi keinginan untuk berhenti ada terus, jadi masukannya gmn nih ?

    ReplyDelete