Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas

Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas

Rasa malas merupakan penghambat nomor satu untuk produktivitas kita. Setelah kita merasa malas, segala sesuatu yang kita kerjakan tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Bahkan terkadang dengan rasa malas ini kita sering menunda-nunda pekerjaan kita. Dan dengan sulitnya kita memulai pekerjaan kita, tidak jarang pekerjaan kita akan bertumpuk-tumpuk diakhir minggu.

Untuk itu pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa tips ampuh dan jitu untuk menghadapi rasa malas ini, mari langsung kita simak sebagai berikut:

1. Istirahat yang cukup setiap hari

Istirahat sangat diperlukan oleh tubuh kita, ketika kita kurang istirahat/tidur kita akan merasa lemas dan mengantuk. Mana bisa kita beraktivitas dengan energik jika kita merasa mengantuk?. Jadi yang pertama mari kita coba untuk beristirahat dengan cukup dan baik setiap hari.

2. Berolahraga

Selain istirahat yang cukup, olah raga juga sama pentingnya. Dengan olahraga akan membuat tubuh kita lebih sehat dan lebih berenergi sepanjang hari. Karena dengan tidak memiliki energi yang cukup, kita akan merasa malas.

3. Menetapkan batas minimum untuk memulai

Memulai adalah hal tersulit bagi orang yang merasa malas. Karena itu biasanya kita sering menunda-nunda pekerjaan kita. Padahal ketika kita sudah memulainya sisanya akan terasa mudah.

Cobalah untuk memulainya, dengan menetapkan batas minimum untuk mengerjakannya. Misal kita menetapkan 5 - 15 menit, dan setelah sampai pada batas waktu kita akan lebih mudah untuk memutuskan apakah kita berhenti atau melanjutkannya hingga benar-benar selesai.

4. Menumbuhkan rasa Urgensi

Urgensi adalah istilah pada sesuatu yang mendorong kita, juga berarti suatu rasa penting terhadap sesuatu. Ini menjadi salah satu cara yang efektif, dengan memiliki rasa ini kita bisa melakukan sesuatu dengan mudah.

Dan salah satu untuk menumbuhkan rasa ini dengan menetapkan tenggat waktu/jadwal pada setiap aktivitas kita.

5. Melihat pada segi manfaat

Biasanya, alasan yang membuat kita malas adalah karena kita hanya melihat kesulitan dari pekerjaan/tugas yang akan kita kerjakan. Padahal jika kita menyelesaikannya, kita akan mendapat manfaat yang baik dan berguna.

Jadi tidak hanya terpaku pada kesulitan, tetapi fokuslah pada apa yang akan kita dapat setelah kita berhasil mengerjakan atau menyelesaikannya.

6. Memberikan hadiah untuk diri sendiri

Ketika manfaat utama yang akan kita dapat masih lama untuk dicapai dimasa depan, mungkin kita membutuhkan motivasi untuk bertidak dari sekarang. Dalam hal ini kita bisa memberikan hadiah pada diri sendiri sebagai motivasi.

Misalnya adalah saat kita telah menyelesaikan tugas harian kita, kita bisa memanjakan diri kita dengan menonton film favorit, membeli makanan yang disukai atau menyisihkan waktu untuk chatting/komunikasi dengan teman di sosial media.

7. Memikirkan tentang apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukannya

Selain sebelumnya kita berfikir tentang manfaat dari apa yang kita kerjakan sebagai motivasi, maka kita juga perlu memikirkan tentang kerugian atau akibat apa yang kita terima jika kita tidak melakukan tugas/pekerjaan itu. Jadi kita harus memikirkan konsekuensi jika kita tidak melakukan apa yang seharusnya kita lakukan.

8. Mencari partner

Ketika kita memiliki partner, mereka akan mampu memberikan motivasi pada diri kita. Meskipun motivasi dari dalam diri sendiri adalah yang terbaik, tetapi terkadang kita juga perlu motivasi dari luar.

9. Mengurangi waktu kosong

Berusahalah untuk mengurangi waktu kosong, dan melakukan sesuatu sesering mungkin. Dengan memiliki pola pikir seperti itu, kita akan menjadi orang yang aktif, sehingga akan lebih mudah menghilangkan rasa malas.

10. Membagi tugas menjadi bagian yang lebih kecil

Kita akan malas jika kita merasa kewalahan dengan tugas yang berskala besar. Jadi kita perlu membagi tugas itu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, yang tentunya akan lebih ringan mengerjakannya satu per satu dan juga akan lebih terkelola dengan baik

11. Memutuskan tindakan yang selanjutnya

Biasanya kita sering menunda-nunda tugas karena kita tidak yakin dengan apa yang akan kita lakukan selanjutnya. Untuk itu lihatlah pekerjaan kita lalu putuskan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Dengan begitu, kita akan tahu persis apa yang akan dikerjakan dan tentunya juga akan lebih mudah untuk memulainnya.

12. Melakukan satu hal dalam sekali waktu

Sulit untuk dipungkiri, jika kita sering mencoba untuk melakukan lebih dari satu hal pada sekali waktu. Hal ini akan membuat kita merasa malas, karena kita akan merasa kewalahan dengan hal itu. Jadi dari sekarang mari kita coba melakukan hanya satu hal pada sekali waktu dan mengabaikan sisanya.

13. Menantang diri sendiri

Mencobalah membuat tantangan pada diri sendiri dengan tugas-tugas itu. Misalnya adalah Mampukah saya mengerjakan tugas-tugas itu?, jika dia bisa melakukan tugas itu dengan baik, mengapa saya tidak?. Dengan begitu pekerjaan akan lebih menyenangkan karena rasa untuk berkompetisi.

14. Menuliskan kemajuan kita

Mencobalah untuk menulis kemajuan kita setiap hari, misal dengan memberi tanda setiap kali kita telah mengerjakannya. Dengan begitu kita akan menyadari bahwa kemalasan hanya memberikan lembaran kosong dan itu adalah sesuatu yang buruk untuk masa depan kita.

Baca Juga: Cara jitu menjadi orang sukses

15. Melihat kemajuan dan keberhasilan orang lain

Lihatlah mereka yang berada didepan kita, mereka yang lebih maju dan berhasil dibanding kita. Untuk itu lihatlah baik-baik mereka, perbaiki yang perlu diperbaiki dan biarkan mereka menginspirasi kita.

Karena setelah mengetahui seberapa jauh kita dibelakang mereka, akan memotivasi kita untuk melangkah lebih maju.

16. Menyelaraskan diri dengan apa yang menurut kita penting

Yang paling mudah untuk mengatasi kemalasan adalah dengan melakukan sesuatu yang menurut kita itu penting. Dengan hal itu kita akan memiliki dorongan energi dan hasrat untuk bertindak. Jadi teruslah menyelaraskan diri kita dengan hal yang menurut kita penting itu.

Baca Juga: Jika kamu orang yang malas, selamat ya..

Demikian beberapa tips ampuh untuk mengatasi rasa malas pada diri kita, semoga bermanfaat. Jika sobat punya tips yang lain, sobat bisa berbagi pada komentar dibawah ini.

sumber gambar: www.zdjecia.biz.pl

2 comments:

  1. Wah ini Tips mengatasi rasa malas, saya butuh banget artikel ini.. makasih mas, saya coba terapin

    ReplyDelete