Tips dan Trik menjadi Murid Berprestasi di Sekolah

menjadi Murid Berprestasi di Sekolah

Sering kita kira bahwa menjadi murid yang berprestasi itu bukanlah hal yang mudah. Dan tak sedikit dari kita menganggap mereka yang berprestasi itu karena faktor keluarga. Tetapi semua hal itu tidak sepenuhnya benar.

Karena tidak hanya faktor keturunan yang membuat seseorang berprestasi tapi juga karena faktor keteguhan hati untuk belajar dan motivasi yang kuat. Dan untuk mendukung motivasi kuat tersebut, terdapat tips dan triknya menjadi murid berprestasi sebagai berikut:

Untuk Pembelajaran di Sekolah

1. Konsentrasi dan fokus

Konsentrasi dan Fokus adalah faktor yang sangat penting ketika kita sedang belajar. Jika kita mampu berkonsentrasi, maka kita akan dengan mudah menangkap materi pelajaran yang diberikan oleh guru kepada kita.

Sedangkan fokus sangat berguna untuk meciptakan keingintahuan dan pula berbagai macam pertanyaan pada diri kita atas materi yang telah disampaikan oleh guru.

2. Mendengarkan

Konsentrasi dan fokus sebenarnya dimulai dari mendengarkan, untuk itu kita harus mendengarkan dengan seksama semua materi yang sedang disampaikan oleh guru kita.  Jangan sampai ramai sendiri dibelakang atau bahkan ngobrol dengan teman sebangku kita.

3. Memberi perhatian penuh

Kita haruslah memberi perhatian penuh tehadap apa yang sedang disampaikan oleh guru. Sebagai hasilnya kita akan dapat mencermati dan pula memahami pertanyaan yang dilontarkan oleh guru pada kita dengan cepat. Itu akan memberi nilai plus untuk kita dari guru dan juga kesan baik dari teman-teman kita

4. Menghindari berbicara sendiri

Berbicara sendiri membuat kelas menjadi gaduh, hal itu akan membuat citra buruk bagi kita dan juga pastinya guru tidak suka dengan hal itu, apalagi jika kemampuan kita dikelas itu standart bahkan dibawah rata-rata. Jadi sebaiknya selalu tenang didalam kenal dan juga fokus terhadap pelajaran kita.

5. Menghindari Sifat Malas

Malas adalah hambatan yang cukup serius untuk kemajuan dan prestasi kita. Untuk menjadi murid/siswa berprestasi tentunya kita harus rajin, hindarilah sifat pemalas itu.

Karena tidak ada seorang pemalas menjadi seseorang yang berhasil dan sukses dimasa depannya. Dan mungkin ketika kita malas, teman-teman kita justru sedang berusaha dengan keras untuk menjadi murid berprestasi dengan giat dan tekun belajar.

6. Mencatat semua materi pelajaran

Mecatat materi pelajaran adalah hal yang perlu diperhatikan. Karena daya ingat manusia itu terbatas dan setiap orang itu berbeda-beda, untuk itu kita perlu mencatat apa yang telah kita pelajari. Dan selain itu dengan mencatat kita melakukan tiga aktivitas sekaligus yakni mendengarkan, menulis dan juga berfikir.

7. Mengangkat tangan

Selalulah mengangkat tangan untuk bertanya kepada guru, itu membuktikan bahwa kita memperhatikan guru dan memahami materi yang telah disampaikan. Keingintahuan yang tinggi sangat baik bagi kemajuan kita. Dan lebih baik lagi jika kita mampu menjawab pertanyaan dari guru yang dilontarkan pada kita.

Untuk Pembelajaran di Rumah

1. Menyediakan buku Kosong

Buku kosong ini sebagai catatan umum untuk kita. Berisi berbagai macam materi yang disampaikan oleh guru dari berbagai mata pelajaran, baik dari ucapan yang disampaikan atau tulisan dipapan.

Dan buku kosong juga sangat perlu untuk pelajaran Matematika, karena didalam pelajaran matematika kita harus sering mencoba soal-soal.

2. Menyalin materi pelajaran ke buku catatan Tunggal

Setelah dirumah, kita wajib menyalin catatan dari buku catatan umum ke catatan tunggal yakni catatan untuk masing-masing mata pelajaran.

Ini akan membantu untuk meningkatkan daya ingat kita. dan sebaiknya kita juga menyusun catatan ini dengan rapi agar kita nyaman untuk mempelajarinya, bisa juga ditambah dengan memakai bolpoint warna dan stabilo.

3. Mempelajari pada malam hari sebelumnya

Terkadang kita menjumpai teman kita yang menjawab pertanyaan dari guru padahal materi itu belum diajarkan. Rahasinya adalah karena mereka telah mempelajari materi tersebut di malam sebelumnya.

Walaupun sebenarnya masih membutuhkan penjelasan yang lebih detail dari guru dikeesokan harinya, tetapi hal itu sangat efektif membantu memahami pelajaran diesok hari. Dan ada pepatah yang mengatakan jika "orang yang pintar itu adalah karena dia tahu lebih dahulu dari orang lain".

Baca Juga: Cara ampuh mengatasi rasa malas

Dalam hal ini kita harus selalu semangat dan tidak pantang menyerah, serta terus berdo'a. Demikianlah Tips dan Trik menjadi Murid Berprestasi di Sekolah, semoga membantu dan juga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment